Candi Sari, Candi Tempat Tinggal Para Biksu

Candi yang juga dikenal sebagai Candi Bendah adalah sebuah kuil Budha abad ke – 8 yang terletak di Dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Candi  ini terletak sekitar 130 meter timur laut dari Candi Kalasan. Candi Sari merupakan bangunan berlantai dua dengan balok kayu, lantai, tangga dan dilengkapi juga dengan jendela serta pintu. Namun semua bahan bangunan yang berasal dari bahan organik sekarang sedang membusuk dan tidak ada sisanya lagi. Di prediksi bahwa fungsi asli dari bangunan ini merupakan sebuah vihara (biara Budha) atau tempat tinggal bagi para biksu. Nama Candi Sari berasal dari kata Sare yang berarti “tidur” dalam bahasa Jawa, yang juga menegaskan funsi dari bangunan.

Sejarawan menyatakan bahwa candi ini dibangun dimasa  yang sama dengan Candi Kalasan pada masa Dinasti Sailendra. Reruntuhan candi ditemukan pada awal 1920-an dan pada tahun 1929 upaya untuk merekonstruksi candi dimulai dan selesai pada tahun 1930. Namun rekonstruksi tidak lengkap karena banyak bagian candi yang hilang.

Candi ini diperkirakan terdiri dari 2 lantai. Lantai Pertama berfungsi sebagai tempat kegiatan keagamaan seperti kegiatan mengajar, diskusi, berdoa dan kegiatan lainnya. Lantai atas digunakan untuk menyimpan alat-alat ritual keagamaan. Sebagian ahli berpendapat bahwa lantai dua digunakan untuk tempat tinggal dan istirahat para biksu.

Teori bahwa candi ini terdiri dari 2 lantai bisa dilihat dari  luar candi, terlihat bahwa tubuh candi terbagi menjadi dua tingkat yaitu dengan adanya dinding yang menonjol melintang seperti “sabuk” mengelilingi bagian tengah tubuh candi. Bagian dalam terdiri dari 3 buah ruangan, ruang utara, ruang tengah dan ruang selatan yang masing-masing berukuran 3 m x 5.8 m. Terdapat beberapa bagian yang ditinggikan yang diperkirakan terdapat patung sebelumnya. Di bagian atas terdapat tiga relung yang dihiasi Kala –Makara dan dan dihiasi dengan tiga baris stupa.

Dinding luar kaya akan hiasan relief Buddha. Dekorasi eksternal termasuk Tara dengan bunga dan Bodhisattva dengan alat musik. Angka-angka ini disusun dalam dua bagian atas dan dua bawah baris dan ditempatkan pada setiap sisi jendela. Total terdapat 36 patung , masing-masing 8 patung di timur, utara, dan selatan dan 12 di sisi barat candi.

Candi Sari merupakan salah satu candi yang ada di kawasan Kalasan yang kaya akan peninggalan purbakala berupa candi-candi. Walau hanya berupa candi kecil namun candi ini sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin melihat keindahan candi.