Candi Sambisari, Si Cantik Yang Tersembunyi di Bawah Tanah

Selama ini kebanyakan sisa peninggalan sejarah berupa candi terletak di tanah yang tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Bahkan terkadang candi-candi tersebut memang dibangun di ketinggian atau di lereng bukit seperti Kompleks Candi Arjuna di Dieng dan Candi Gedong Songo di Ungaran.

Tapi tahukan Anda? Ternyata di Yogyakarta ada sebuah candi yang lokasinya cukup unik, yaitu terletak kira-kira 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah. Candi dengan lokasi unik tersebut adalah Candi Sambisari.

Dibangun sekitar abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung, candi hindu ini sempat terkubur material vulkanik Merapi. Kemudian pada tahun 1996 ada seorang petani Dusun Sambisari yang tanpa sengaja menemukan candi yang telah terkubur berabad-abad ini. Setelah dilakukan proses eskavasi, Candi Sambisari pun kembali menampilkan sosoknya yang anggun dan megah.

Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pewara atau candi pendamping dengan dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Sepintas lihat Candi Sambisari menyerupai kastil batu yang terletak di tengah taman. Rumput yang tumbuh teratur di pelataran candi laksana permadani hijau yang indah.

Berhubung Candi Sambisari belum begitu populer di kalangan wisatawan, maka tempatnya cukup tenang. Banyak orang yang menjadikan Candi Sambisari sebagai lokasi photoshoot baik untuk prewedding maupun foto bersama keluarga. Wisatawan pun bisa menggelar tikar di rerumputan dan membuka bekal piknik bersama kerabat. Asyik kan?

Selain dinikmati dari pelataran, keindahan Candi Sambisari yang posisinya lebih rendah dari permukaan tanah sekitar ini juga bisa dilihat dari ketinggian. Puas menikmati pesona Sambisari, wisatawan bisa mampir ke museum mini untuk mengetahui rangkaian sejarah eskavasi candi.

lokasi candi Sambisari Yogyakarta

Lokasi Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY. Jarak dari Kota Yogyakarta hanya sekitar 12 km arah timur, atau kira-kira 4 km sebelum Kompleks Candi Prambanan. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan menelusuri jejak sejarah Candi Sambisari cukup membayar retribusi Rp 3.000 per orang.