Candi Prambanan, Candi Hindu Nan Eksotik

Candi Prambanan merupakan candi hindu yang dibangun pada abad ke – 9. Candi yang dikelilingi taman indah ini pernah hilang tertutup material vulkanik Gunung Merapi sebelum akhirnya ditemukan kembali dan dipugar menjadi seperti sekarang.

Dua candi di Indonesia yang namanya sudah mendunia dan masuk dalam daftar UNESCO sebagai warisan budaya dunia adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Jika Candi Borobudur adalah Candi Budha, maka Candi Prambanan adalah Candi Hindu. Menjulang setinggi 47 meter, Candi Prambanan laksana menara kokoh yang memikat mata dunia.

Kompleks Candi Prambanan memiliki 3 candi utama yang menghadap ke timur, yakni Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Setiap candi utama memiliki candi pendamping yang menghadap ke arah barat. Selain candi utama dan candi pendamping, di halaman utama juga terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara itu di halaman kedua terdapat 224 candi. Di candi tersebut terdapat banyak relief, salah satunya adalah relief Ramayana yang kisahnya sama dengan cerita yang diturunkan secara lisan.

Selain sebagai tempat wisata, Candi Prambanan juga dijadikan tempat peribadatan umat Hindu pada saat perayaan Tawur Agung Kesanga (perayaan jelang Nyepi). Pada saat itu puluhan ribu umat Hindu akan memadati Candi Prambanan. Biasanya pada saat itu akan ada pertunjukan ogoh-ogoh dan aneka tarian.

Tips Berkunjung ke Candi Prambanan

  • Lokasi candi yang cukup luas dan jauh dari areal parker mebuat wisatawan harus berjalan kaki yang cukup jauh. Karena itu pastikan Anda memakai alas kaki yang nyaman seperti flast shoes atau sandal. Lupakan sejenak wedges dan higheels.
  • Bawalah payung, topi, atau penutup kepala lainnya yang bisa melindungi diri Anda dari terpaan teriknya sinar mentari.
  • Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Istana Ratu Boko, sangat disarankan untuk membeli tiket terusan dari Candi Prambanan. Nantinya akan ada shuttle bus gratis yang disediakan oleh pihak Taman Wisata Candi (TWC) dari Prambanan ke Ratu Boko. Pemberangkatan terakhir shuttle bus ini pukul 15.00 WIB.
  • Tak jauh dari Candi Prambanan terdapat banyak candi-candi kecil yang tak kalah menarik seperti Candi Tara, Candi Sambisari, Candi Plaosan, Candi Sari, dan masih banyak lagi. Bersepeda mengunjungi candi-candi tersebut akan menjadi aktivitas yang sangat menarik.

Jam Buka dan Harga Tiket

Candi Prambanan buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. Tiket dewasa Rp 30.000, anak-anak Rp 12.500, dan turis mancanegara USD 18.