Candi Kalasan, Candi dengan Relief Terbaik dizamannya

Candi Kalasan atau dikenal juga dengan sebutan Candi Kalibening, merupakan candi Buddha dari abad ke 8 yang berlokasi di Kalasan, Sleman, DIY. Candi ini terletak di 13 KM dari Kota Jogja searah jalan menuju Candi Prambanan, di sisi utara Jl. Solo atau 2 KM dari Candi Prambanan.

Menurut deskripsi dari Prasasti Kalasan bertanggal 778 Masehi yang ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan menggunakan skrip Pranagari, candi ini dibangun atas kehendak Guru Sang Raja Sailendravamçatilaka (Permata Dinasti  Sailendra) yang berhasil membujuk Maharaja Tejapurnapana Panangkaran (di bagian lain dari prasasti juga disebut Kariyana Panangkaran) untuk membangun Tarabhavanam , sebuah bangunan suci untuk Dewi (boddhisattvadevi) Tara.

Selain itu, vihara (biara) dibangun untuk para biksu Buddha dari kalangan di Dinasti Sailendra. Panangkaran diberikan desa Kalaça ke Sangha (komunitas biara Buddha). Menurut tanggal diprasasti ini , Candi Kalasan adalah yang tertua dari candi yang dibangun di Kawasan Prambanan. Sebagai salah satu candi tertua di kawasan tersebut, Candi kalasan memiliki berbagai macam keistimewaan.

Candi ini kaya akan hiasan tokoh-tokoh Buddha seperti Bodhisattva dan Gana. Wajah Kala di atas pintu selatan telah difoto dan digunakan oleh sejumlah akademisi asing di buku-buku mereka untuk memberikan gambaran tentang seni pahat batu oleh seniman Jawa Tengah sejak ribuan tahun yang lalu. Relung di mana patung akan ditempatkan ditemukan di dalam dan di luar candi. Relung dinding luar dihiasi ukiran Kala, dewa dan dewi dalam adegan yang menggambarkan svargaloka, istana langit para dewa, bidadari, dan gandharva.

Candi ini menghadap ke timur, dengan ruang timur juga sebagai akses ke ruang utama. Di ruang utama yang lebih besar terdapat  alas teratai dan singasana yang diukir denga sosok makara, singa, dan gajah. Keindahan candi Kalasan ini juga bisa dinikmati pada bagian selatan candi. Di bagian ini terdapat ukiran Banaspati berukuran besar, lajur yang tegak lurus dihiasi dengan sulur-sulur dan makara-makara, yang merupakan hasil kesenian Jawa yang terbaik pada masa Hindu. Sehingga oleh sebagian pihak, relief Candi Kalasan dianggap sebagai relief terbaik pada masanya.

Candi ini terletak di kawasan dataran Prambanan yang kaya akan peninggalan candi. Hanya beberapa ratus meter di utara timur dari Candi Kalasan terletak Candi Sari. Kemudian sekitar 2 Km ke arah timur terletak kompleks Prambanan, Candi Sewu, Candi Plaosan, serta Istana Ratu Boko.