Candi Ijo, Si Cantik Nan Misterius di Atas Bukit

Candi Ijo dibangun di atas Bukit Hijau atau Gumuk Ijo dan menjadi candi dengan lokasi paling tinggi di Yogyakarta. Dari teras candi, pengunjung bisa menyaksikan bentang alam nan indah dan juga sunset yang menawan.

Kawasan Yogyakarta bagian timur kaya akan bangunan candi megah hingga candi-candi kecil nan indah. Mulai dari yang paling popular seperti Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko, hingga candi-candi tersembunyi seperti Candi Plaosan, Candi Sambisari, Candi Barong, Candi Sojiwan, Candi Sewu, Candi Tara, dan masih banyak lagi. Salah satu candi cantik yang belum begitu banyak diperbincangkan adalah Candi Ijo.

Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9. Kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Peletakan bangunan pada tiap teras berdasarkan pada kesakralannya, dan bangunan yang berada di teras tertinggi merupakan bangunan yang paling sakral. Saat ini bangunan yang masih utuh terletak pada teras ke-11. Di teras tertinggi tersebut terdapat empat bangunan berupa satu candi utama dan tiga candi pewara.

Terletak di selatan Kompleks Istana Ratu Boko, Candi Ijo berdiri dengan gagahnya. Bangunannya yang berada di lereng bukit menjadikan candi ini sebagai candi dengan lokasi tertinggi di Jogja. Dari teras candi, wisatawan bias menyaksikan pemukiman penduduk dan areal perladangan di bawah, burung-burung besi yang landing maupun take off dari bandara Adi Sutjipto, landskap Merapi, hingga pemandangan mentari senja.

Fakta Menarik di Candi Ijo

  • Candi Ijo terletak pada ketinggian 410 m di atas permukaan laut sehingga menjadi kompleks candi dengan lokasi tertinggi di Yogyakarta.
  • Waktu terbaik untuk menikmati pesona Candi Ijo adalah sore hari dimana bebatuan candi terguyur sinar mentari senja. Selain itu pengunjung bisa menyaksikan sunset yang indah.
  • Pada teras ke-9 Candi Ijo terdapat prasasti batu yang memuat mantra-mantra yang diperkirakan berupa kutukan.
  • Di sekitar Candi Ijo terdapat lokasi penambangan Batu Gamping. Areal penambangan yang berupa tebing-tebing kapur berwarna putih ini kerap dijadikan lokasi pemotretan. Orang-orang sering menyebutnya sebagai White Canyon.

Lokasi dan Akses

Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Untuk mencapai Candi Ijo wisatawan yang datang dari arah Solo bisa menyusuri jalan raya Prambanan – Piyungan. Setelah melewati Istana Ratu Boko silahkan belok ke kiri mengikuti penunjuk arah. Jalan menuju Candi Ijo berupa tanjakan yang lumayan curam dan bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Candi Ijo terletak tepat di kiri jalan.