Pesona Tebing Breksi

Tebing Breksi menjadi destinasi populer saat ini khususnya dikalangan para kawula muda. Pemandanganya yang unik dan tidak biasa membuat banyak orang yang berbondong-bondong datang ke lokasi ini baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Taman Tebing Breksi merupakan salah satu objek wisata terbaru di Jogja yang memanfaatkan keindahan alam.

Hadirnya wisata Tebing Breksi menjadi alternatif wisata yang menambah referensi tempat wisata di Jogja dan tentu saja membuat banyak orang datang untuk menyaksikan keindahan tebing ini. Suguhan utama yang ada di Tebing Breksi adalah deretan tebing batu breksi yang menjulang gagah sepanjang puluhan meter. Tebing ini sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu yang kemudian dimanfaatkan sebagai tempat penambangan hingga ditutup saat ini.

Pada awalnya Tebing Breksi mereupakan tebing biasa yang kemudian dimanfaatkan bebatuannya untuk ditambang. Setelah beberapa waktu, aktivitas penambangan pun berhenti dan lokasi ini pun ditinggal begitu saja. Karena tempatnya yang unik dan menarik banyak wisatawan yang mampir ke tempat ini hingga akhirnya oleh pemerintah daerah kawasan ini ditata dan dijadikan sebagai kawasan wisata yang di buka pada tanggal 30 mei 2015.

Oleh kerena itu masih tampak ornamen-ornamen pahatan bekas penambangan yang ada membuat tebing tampak sepertidinding-dinding bebatuan yang rata dan ada juga yang berbentuk seperti kue lapis. Hal itu tentu saja menjadi daya tarik para wisatawan karena daya tariknya yang unik dan artistik. Banyak para penggunjung yang berselfie karena latar pemandangannya yang beda dan tentu saja menghasilkan foto yang luar biasa. Selain itu banyak fotografer amatir dan profesional yang datang ke objek wisata ini untuk hunting foto dan bahkan untuk pre wedding.

Lokasi objek wisata ini berada tidak jauh dan sejalur dengan Candi Ijo, tepatnya berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Rute menuju Tebing Breksi mudah dijangkau karena terletak di jalur utama jalan Prambanan-Piyungan sekitar 1 km sebelum Candi Ijo. Jika dari arah Jogja langsung menuju arah Candi Prambanan kemudian di pertigaan pasar Prambanan belok kanan arah ke Piyungan. Cari petunjuk arah ke Candi Ijo kemudian ambil kiri (pertigaan sebelum SDN Sambirejo). Dari sini perjalanan masih sekitar 1 km lagi. Berhati-hatilah saat berkendara kerena jalannya menanjak dan juga tidak terlalu mulus.