Tempat-tempat Menarik di Jogja yang Bisa Dicapai Menggunakan Trans Jogja

Trans Jogja merupakan salah satu alternatif transportasi massal di Yogyakarta yang nyaman dengan tarif murah. Cukup membayar Rp 4.000, penumpang bisa berkeliling kota menggunakan bus berwarna hijau yang beroperasi dari pukul 05.00 – 22.00 WIB ini. Bagi para wisatawan, Trans Jogja juga bisa menjadi moda transportasi yang layak dicoba. Berikut ini beberapa daftar tempat wisata menarik yang bisa dicapai menggunakan Trans Jogja dengan starting point Jl. Malioboro.

Candi Prambanan

Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Yogyakarta dan masuk dalam daftar berbagai buku panduan wisata sebagai tempat yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Jogja. Meski lokasinya terbilang jauh dari pusat kota, wisatawan tak perlu khawatir sebab ada Trans Jogja yang melayani trayek hingga Prambanan. Dari shelter Trans Jogja di Jl. Malioboro wisawatan bisa naik bus jalur 1 A. Waktu tempuh dari Malioboro hingga Prambanan sekitar 1 jam perjalanan.

Gembiraloka Zoo

Ingin melihat pinguin dan komodo di Jogja? Maka Gembiraloka adalah tempat yang wajib didatangi. Selain memiliki koleksi aneka binatang yang terawat dengan baik, di Gembiraloka Zoo juga terdapat berbagai wahana menarik seperti gajah tunggang, kapal, banana boat, kereta kelinci, hingga cafe terapung. Untuk mencapai tempat ini wisatawan bisa naik bus Trans Jogja jalur 2A dan turun di Halte Kusumanegara yang terletak tepat di depan gerbang Gembiraloka.

Museum Affandi

Bagi para pecinta seni, Museum Affandi wajib untuk didatangi. Terletak di tepi Sungai Gajah Wong, museum yang dulu merupakan tempat tinggal maestro lukis Affandi memiliki koleksi lukisan asli maupun repro. Arsitekturnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan yang ingin mengunjungi Museum Affandi bisa naik bus Trans jogja rute 1 A dari Halte Malioboro dan turun di Halte Mandala Bakti Wanitatama.

Monumen Jogja Kembali dan Taman Pelangi

Tempat ini memiliki 2 pesona wisata yang berbeda. Saat siang hari wisatawan bisa mengunjungi monumen dengan arsitektur kerucut yang menyimpan aneka diorama serangan umum 1 Maret, replika pesawat, hingga ruang hening. Sedangkan saat siang halamam museum berubah menjadi taman lampion yang indah. Dari Halte Malioboro wisatawan bisa naik bus Trans Jogja rute 2A dan turun di Halte Ring Road Utara.
Kotagede.

Sebagai saksi bisu berdirinya kerajaan Mataram Islam, Kotagede menyimpan berbagai peninggalan bersejarah yang maish bisa ditemui hingga kini. Tak hanya itu, Kotagede juga dikenal sebagai pusat kerajinan perak di Jogja. Untuk menikmati semuanya itu, wisatawan dapat mengunjungi kawasan Kotagede dengan naik bus Transjogja jalur 1A kemudian turun di Halte Kusumanegara 3 dan pindah jalur 2B dan turun di Halte Ngeksigondo (Basen). Dari halte tersebut bisa dilanjutkan jalan kaki atau naik becak.