Pagelaran Gamelan Keraton

Pagelaran Gamelan Keraton Di Yogyakarta

gamelan

instrumen Gamelan

Wisatawan yang berkunjung di Keraton Yogyakarta dapat menikmati pertunjukan seni pagelaran gamelan keraton setiap hari dengan gratis. Wisatawan akan disuguhi pertunjukan seni seperti seni gamelan atau karawitan, wayang golek, wayang orang dan seni tari. Pertunjukan seni tersebut digelar atau diadakan oleh sanggar seni atau kelompok dari berbagai daerah di Yogyakarta maupun dari mahasiswa dari perguruan tinggi di Yogyakarta.

Setiap hari Senin dan Selasa merupakan jadwal rutin dari pertunjukan seni pagelaran gamelan Keraton dan karawitan di Keraton Yogyakarta. Sedangkan pada hari Rabu diadakan pertunjukan seni wayang golek yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya pertunjukan seni tari diadakan setiap hari Kamis, namun biasanya diganti dengan pertunjukan karawitan atau gamelan karena tidak adanya penari yang mengisi acara tersebut. Sedangkan pada hari Minggu pertunjukan seni diadakan dengan menampilkan seni wayang orang pada pukul 09.30 WIB.

Semua pertunjukan seni yang diadakan di Keraton Yogyakarta tidak lepas dari musik pengiringnya yaitu gamelan. Sehingga gamelan merupakan pemegang faktor yang amat penting dalam dunia kesenian Jawa pada khususnya.

Gamelan merupakan merupakan satu kesatuan yang utuh dari berbagai unsur alat musik yang dibunyikan secara bersama-sama. Gamelan berasal dari bahasa Jawa “ Gamel “ yang artinya memukul dan diikuti akhiran –an yang berarti kata benda.

Gamelan banyak dijumpai di seluruh pulau jawa, akan tetapi di dalam perkembangannya muncul beberapa perbedaan antara satu daerah dengan daerah lainnya karena proses kebudayaan dari waktu ke waktu. Selain di Jawa, gamelan juga dapat ditemukan di Bali, Lombok dan Madura. Gamelan di Jawa diyakini merupakan gamelan tertua dan menjadi asal usul dari gemelan yang berada di daerah-daerah tersebut.

Dalam sejarah, keberadaan gemelan didahului oleh kebudayaan Hindu dan Budha yang telah mendominasi dan mewarnai kebudayaan asli Indonesia. Instrumen gamelan semakin berkembang pada masa kerajaan Majapahit dan jejak pertama mengenai gamelan dapat ditemukan pada relief candi Borobudur. Serangkaian alat musik seperti lonceng, kendhang, seruling, kecapi, alat musik berdawai dipetik dan digesek, dapat dilihat dengan jelas pada relief yang membuktikan bahwa pada waktu itu jenis musik gamelan sudah sering digunakan namun bahan yang digunakan belum banyak menggunakan bahan logam. Sehingga teori gamelan dapat disimpulkan bahwa relief tersebut merupakan asal mula dari gemelan dan setelah masa itu terjadi perkembangan alat musik gamelan dengan menggunakan bahan logam.

Pagelaran Gamelan Keraton merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari bentuk kegiatan seni budaya Jawa khususnya Yogyakarta. Gemelan bisa di pentaskan dalam bentuk pertunjukan tersendiri atau sebagai musik pengiring yang dipadukan dengan suara dari penyanyi pria yang disebut wiraswara atau penyanyi wanita yang disebut waranggana.

Gamelan merupakan seperangkat alat musik yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Komponen utama penyusun dari gamelan ini adalah unsur logam, bambu dan kayu. Alat musik dari penyusun gamelan yaitu Kendang, Bonang Barung, Saron, Bonang Penerus, Slentem, Gambang, Jender, Gong, Ketug, Gong, Kempul, Kenong, Clempung, Suling, Siter, Bedug, Keprak dan Kepyak.

Pembuatan alat musik gamelan melalui proses yang sangat kompleks. Gamelan menggunakan empat cara penalaan yaitu : slendro, pelog, dengung (Sunda atau Jawa Barat) dan madenda (sebagai diatonis sama. Slendro mempunyai lima nada dasar yang mempunyai berbagai perbedaan interval tersendiri. Musik gamelan diciptakan dengan memakai beberapa aturan yang terdiri dari putaran dan pathet dan dibatasi oleh gongan dan melodi yang diciptakan dalam unit yang terdiri dari 4 nada.

Gamelan saat ini adalah merupakan hasil dari kebudayaan yang sudah diakui secara Internasional yang sudah dipertunjukan di lima benua. PBB sudah menetapkan bahwa musik gemelan merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan dan dilindungi.

  • Paket Wisata Adventure Jogja 1 Hari (A)

    Anda menyukai kegiatan petualangan? Kami menawarkan paket wisata adventure jogja ( A ) harga realtif murah . Perjalanan dimulai dari mengunjungi wisata kalisuci dan terakhir ke pantai Pulang Syawal atau pantai Indrayanti. Minat?

     
    Baca Selengkapnya
  • Paket Wisata Adventure Jogja ( B) 1 Hari

    Wisata petualangan di Paket wisata adventure jogja ( B) kami ajak anda untuk menelusuri Gunung Api Purba Nglanggeran Kemudian akan Kami ajak Arung Jeram di Wisata kalisuci Gunungkidul hanya 1 hari.
    Baca Selengkapnya
  • Paket Wisata Air Terjun Dan Pantai 1 Hari

    Ingin Bermain Air ? Kami sediakan paket wisata Air terjun dan pantai . Perjalanan dimulai dari Air Terjun Sri Gethuk " Green Canyon Jogja" dan Wisata Kuliner ikan Laut di Pantai Baron Dan terakhir di Pantai Pulang Syawal Indrayanti.
    Selengkapnya
  • Paket Wisata Candi Dan Keraton 1 Hari

    Ingin wisata bernuansa sejarah? Kami ajak anda untuk menikmati keindahan Candi Prambanan kemudian Keraton Yogyakarta Serta Istana Taman sari dan terakhir  Benteng Vredeburg Yogyakarta 1 Hari
    Baca Selengkapnya