Menanti Patung Outdoor di Ulang Tahun ke 258 Yogyakarta Oktober Mendatang

Salah Satu patung di "Malioboro Outdoor Visual Art Expo" 2012

Salah Satu patung di “Malioboro Outdoor Visual Art Expo” 2012

Dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-258 kota Yogyakarta, Ruas Jalan Malioboro dari depan tempat khusus parkir Abu Bakar Ali hingga Titik Nol Kilometer Yogyakarta direncanakan dihiasi belasan patung karya sejumlah seniman mulai awal Oktober hingga setahun kemudian.

Perhelatan seni rupa dengan menempatkan belasan patung tersebut dikemas dalam kegiatan Jogja 258 Out Door Sculpture Exhibition 2014 yang diikuti 12 seniman patung. Seluruh patung tersebut rencananya sudah akan ditempatkan di sejumlah lokasi terpilih di sepanjang Malioboro pada 1 Oktober dengan terlebih dulu dilakukan sebuah kegiatan yang disebut Ritual OO di Titik Nol Kilometer.

Beberapa seniman yang terlibat dalam acara ini adalah diantaranya ,Ali Umar, Basuki Praworo, Dunadi, Timbul Raharjo, dan I Made Arya Palguna .Patung akan ditempatkan di seberang Monumen Serangan Oemoem Satu Maret. Patung tersebut menggambarkan bahwa lokasi tersebut merupakan pertemuan masyarakat dari berbagai daerah.

Para seniman tersebut ternyata mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membuat patung-patung tersebut. Seniman Dunadi ,akan menampilkan karya bertema “Bertautan” yang digambarkan dengan tiga patung gajah berukuran besar yaitu tinggi sekitar lima meter dan panjang keseluruh patung jika dijajarkan mencapai 13 meter.Patung ini terbuat dari fiberglass dengan rangka besi. Pengunjung bisa naik ke patung asalkan hati-hati. Patung juga bebas diberi warna atau gambar oleh pengunjung.Sementara itu, I Made Arya Palguna akan menampilkan karya bertajuk “Digital Heart”. Patung berbentuk hati raksasa tersebut akan dilengkapi dengan 1.000 gembok .