Ketoprak Kolosal 2014 Tampil di TBY 9-10 Agustus

Ketoprak Kolosal 2014 di Taman Budaya Yogyakarta

ketoprak-kolosal-2014

Penasaran dengan ketoprak kolosal 2014? Jangan lewatkan anda untuk datang dan menyaksikan salah satu event jogja yang akan diselenggarakan di TBY ( Taman Budaya Yogyakarta ) . Ketropak kolosal ini bukan sembarang kethoprak seperti yang sering dipertunjukkan akan tetapi ketoprak kolosal ini akan tampil dan dikemas lebih modern.

Acara Ketoprak Kolosal 2014 ini akan diadakan selama 2 hari,yaitu hari sabtu ( 9/8 ) dan Minggu (10/8) mulai pukul 19.30 dengan lokasi di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY ).

Pagelaran Ketoprak Kolosal ini akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu konvensional dan eksperimental. Pagelaran ini juga dimaksudkan untuk menarik minat generasi muda untuk lebih mencintai budaya Jawa Asli ini.

Menurut sejarah Nama ketoprak ini diambil dari bunyi yang dihasilkan dari alat musik pengiring yang pada waktu itu menggunakan alat musik lesung (alat untuk menumbuk padi), suling, terbang, kendang. Irama yang dihasilkan ..dung ..dung . .prak .prak… .pating ketuprak (bahasa Jawa) sehinga orang menyebutnya ketoprak.

Saat ini ketoprak yang menurut sejarah diciptakan oleh Raden Kanjeng Tumenggung Wreksodiningrat seorang Bupati Gedong Kiwo Kesunanan Surakarta tahun 1898 untuk instrumen musik pengiring sudah ditambahi dengan alat-alat musik modern mengikuti perkembangan jaman. Namun saat ini banyak generasi kurang menyukai seni budaya jawa ini. Maka hadirnya ketoprak kolosal 2014 di TBY mampu membius generasi muda untuk lebih menyukai ketoprak.