@BPPTKG Gelar Pameran Volcano Edu 2014 8-14 September

pameran-volcano-edu-bpptkg

Pameran Volcano Edu BPPTKG 2014

Pameran Volcano Edu 2014 dibuka hari ini dan akan ditutup pada tanggal 14 September mendatang. Anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan Gunung Merapi khususnya silahkan bisa berkunjung ke lokasi pameran Volcano Edu ini di Jalan Cendana No.15 Yogyakarta. Pameran tersebut dibuka gratis untuk umum, mulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 20.00 Wib. Dalam pameran tersebut, anda dapat belajar lebih detail mengenai kegunungapian di Indonesia. Anda dapat bertanya tentang kegunungapian kepada teman- teman dari Universitas Gadjah Mada yang siap memberikan segala informasi yang dibutuhkan.

Pameran ini diselenggarakan oleh BPPTKG Yogyakarta mengajak masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Yogyakarta, untuk lebih mengenal gunung berapi. Gunung berapi yang dikupas habis dalam pameran tersebut adalah Gunung Merapi, yang berlokasi diantara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Anda yang mengunjungi pameran ini akan diperlihatkan Sejumlah peralatan dan pernik terkait Gunung Merapi. Saat memasuki ruangan, para pengunjung akan disuguhi miniatur Gunung Merapi. Setelah itu, para pengunjung akan disuguhi tayangan berita pada saat erupsi Gunung Merapi beberapa waktu silam.

Selain itu, pengunjung akan disuguhi seluk beluk gunung berapi, khususnya Gunung Merapi. Pengunjung juga dapat mengamati langsung berbagai macam batu- batuan dan abu vulkanik yang berasal dari Gunung Merapi. Pameran tersebut juga memberikan gambaran terjadinya letusan gunung berapi melalui media miniatur gunung yang dibuat sedemikian rupa, alat- alat, dan bahan- bahan yang dibutuhkan.

Pengunjung juga tidak perlu ragu untuk bertanya seputar gunung berapi kepada teman- teman dari Universitas Gadjah Mada yang berada disana. Selain menyajikan informasi- informasi tentang gunung berapi, pameran tersebut juga menggelar lomba poster bertema ” hidup harmoni bersama gunung api” untuk tingkat SMP- SMA, lomba menggambar bertema ” Merapi sahabatku” untuk tingkat SD, lomba essay bertema “Kehidupan di sekitar Merapi” untuk tingkat SMA dan S1, dan temu pakar serta sarasehan bertemakan ” Pendidikan dasar kesiap-siagaan menghadapi bencana gunung api”.

Pameran Volcano edu ini sangat cocok untuk para pelajar dan masyarakt umumnya agar lebih tahu dan mengerti kegunungapian di Indonesia terutama Gunung Merapi.