Besok Merti Bakpia Bagi-Bagi Gratis Bakpia Khas Yogyakarta

Bakpia Gratis di Merti Bakpia Ngampilan

grebeg-bakpia-merti-bakpia

Merti Bakpia

Anda yang sedang liburan di Jogja hingga minggu besok,jangan lupa untuk menyaksikan dan sambil mencicipi Bakpia Gratis di acara Merti Bakpia. Acara Ini bakal jadi akhir pekan yang seru di Kota Yogyakarta karena Ratusan pengusaha bakpia di kawasan Pathuk, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta akan menggelar acara Merti Bakpia berupa bagi-bagi 6.000-an bakpia gratis.

Dalam acara merti Bakpia ini akan disuguhkan Dua buah gunungan lanang dan wadon berisi bakpia. Acara ini didukung oleh paguyuban pengusaha Bakpia seperti Koperasi Sumekar dan Paguyuban Laris Manis Kecamatan Ngampilan, didukung Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Kota Yogyakarta. Acara tersebut dipusatkan di sentra bakpia di Jl KS Tubun, pada hari Minggu besok (14/9) mulai pukul 15.00 WIB.

Acara ini dulunya Bakpia Day, pada tahun ketiga ini kita sebut Merti Bakpia agar nuansa lokalnya lebih diangkat. Di sekitar Ngampilan ada ratusan pengusaha kecil bakpia. Sedangkan merek bakpia rumahan itu ada lebih kurang 130 merek. Jumlah tersebut adalah yang berada di Ngampilan yang merupakan awal dari Bakpia Pathuk.

Saat ini di luar Ngampilan Kota Yogyakarta atau daerah lain juga banyak produsen bakpia. Adanya acara ini untuk mengangkat produsen bakpia, karena awal mula bakpia itu dari sekitar Kelurahan Ngampilan.

selain grebeg bakpia juga dimeriahkan berbagai acara kesenian di sepanjang jalan KS Tubun. Kirab dua gunungan bakpia itu akan diperebutkan untuk warga masyarakat. Di setiap bungkusan bakpia di gunungan juga ada voucher untuk mengambil bakpia di tempat pembuat atau pengusaha.

Selain menyaksikan acara kirab, masyarakat juga bisa melihat langsung proses pembuatan bakpia yang ada di kampung. Dengan adanya acara merti bakpia semua UKM bakpia di Ngampilan bisa terangkat semua. Sebab persaingan produk bakpia sudah semakin ketat.

sumber : regional.kompas.com