Desa Wisata Candi Abang, Keindahan Desa Di Atas Bukit

Apabila anda ingin mengisi liburan di Yogyakarta dan ingin mengenal nuansa pedesaan maka Desa Wisata Candi Abang bisa menjadi tujuan alternatif wisata anda. Lalu apa yang menarik dari desa wisata ini?

desa-wisata-candi-abang

Keindahan Desa Wisata Candi Abang

Desa wisata ini menawarkan keindahan alam nuansa pedesaanyang memiliki perbukitan. Sehingga bagi anda yang ingin menikmati desa dengan nuansa perbukitan dan bisa menikmati keindahan alam pertanian dan perkebunan, Desa Wisata Candi Abang memang pilihan tepat.

Tidak hanya itu, desa wisata ini juga terdapat lokasi bersejarah seperti Candi Abang yang merupakan peninggalan Hindu, Goa Sentana/Sentono, Goa Jepang dan juga Gunung Suru yang menurut mitos adalah istana tuyul. Peninggalan-peninggalan sejarah tadi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Candi Abang Bukit Teletubies

Jika anda mengunjungi desa wisata ini anda berkesempatan untuk melihat lebih dekat yaitu Candi Abang.Lokasi Candi Abang berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta.Candi Abang berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan. Akses ke lokasi bagus.

candi-abang-berbah

Ukuran alas Candi Abang adalah 36 x 34 meter, dan tingginya belum bisa diperkirakan. Candi ini berbentuk seperti piramida, dengan sumur di tengahnya. Di candi ini, terdapat tangga,masuk dan dibuat dari batu putih alias gamping. Selain itu, ada sebagian batu-batu andesit yang belum diketahui fungsinya.

candi-abang-jogja

Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.Candi yang berbentuk seperti piramid ini dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa). Bentuk candi ini berupa bukit, sekarang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil. Ada yang menyebutkan bahwa candi abang ini mirip seperti bukit teletubies.

Goa Jepang Jogotirto

Selain Candi Abang anda juga bisa mengunjungi Goa Peninggalan Jepang yang berada di Desa Jogotirto ini.Menurut beberapa sumber goa jepang Jogotirto Berbah ini dibuat sebelum tahun 1945. Untuk fungsinya sendiri tidak jelas karena beberapa sumber sangat minim informasi tentang goa Jepang ini.

goa-jepang-jogotirto-berbah

Lokasi goa jepang ini tidak jauh dengan rumah-rumah warga. Jika anda mengunjungi tempat ini, maka ada papan petunjuk yang jelas untuk menuju lokasi. Jadi takperlu khawatir akan tersesat.

Gua Sentono

Selain Candi Abang dan Goa jepang anda juga bisa mengunjungi Gua Sentono. Lokasi yang tidak jauh dari kedua situs sebelumnya dan untuk menuju lokasi ini terdapat papan nama sangat jelas.

goa-sentono-candi-abang

goa buatan dari batu alam sebagai tempat semedi atau pertapaan umat hindu pada waktu itu. Ini dapat terlihat dengan adanya relief atau gambar yang ada didinding goa merupakan dewa agama Hindu. Pembangunan Goa ini dibuat pada sekitar abad 9 dan abad 10 kurang lebih pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Goa 3 ceruk, ceruk pertama berisikan lingga yoni dan pada dindingnya terpahat dewa dewa umat Hindu antara lain Durga serta Agastya. Ceruk yang kedua yang berada ditengah berisikan juga Lingga Yoni dengan 3 arca yang yang merupakan pahatan atau relief Trimurti. Dan ceruk yang ketiga berupa lubang pembakaran sebagai persembahan /peribadatan seperti halnya yang mirip ditemukan di candi ijo dan pada dinding berupa releif meru atau gunung.