Ada Wisata Bahari di Gunungkidul Yogyakarta ?

 

Wacana Pengembangan Wisata Bahari Di Gunungkidul

Pantai-Sadeng-Gunungkidul

Pantai Sadeng Gunungkidul

 

Jika selama ini pengunjung wisata pantai di Gunungkidul hanya cukup menikmati keindahan pantainya,maka kelak akan ada pilihan alternatif wisata yaitu wisata bahari. Wacana inilah yang sedang menjadi salah satu pengembangan potensi wisata di daerah Gunungkidul Yogyakarta. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mewacanakan adanya pengembangan wisata bahari yang akan terintegrasi ke Bantul dan Kulon Progo.Tentu ini sangat menyenangkan bagi para pelancong.

Pengembangan wisata bahari merupakan implementasi dari kebijakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dimana among tani diubah menjadi dagang layar yang artinya mengubah paradigma dari bertani berkembang ke laut. Selain pengembangan dari kebijakan tadi, konsep ini muncul dari hasil studi banding di Raja Ampat Papua oleh dinas Pariwisata DIY .

Wilayah Yogyakarta yang memiliki garis pantai yaitu daerah Gunungkidul,Bantul serta Kulonprogo. Rencananya wisata bahari akan dikembangkan dengan bekerjasama dengan kedua wilayah tersebut.Rencananya Pelabuhan Pantai Sadeng akan dijadikan pintu utama sebagai gerbang jalur laut Gunung Kidul menuju Bali via Pelabuhan Karangasem, Bali.

Jika wisata bahari bisa dilaksanakan,maka Pariwisata di Yogyakarta akan semakin menggeliat dan tingkat kunjungan pariwisata di Yogyakarta juga akan semakin ramai terutama untuk destinasi wisata di Gunungkidul.

 

sumber gambar : http://indonesiawow.com/wp-content/uploads/2014/03/Pantai-Sadeng-56.jpg

sumber berita : http://jogja.antaranews.com/berita/325247/pemkab-gunung-kidul-wacanakan-pengembangan-wisata-bahari