Hari Ini Tank Leopard Tiba di Jogja

Parade Tank Leopard Dan Alutsista TNI di Jogja

Mau melihat seperti apa Tank Leopard itu? Bagi anda warga di Jogja berkesempatan untuk melihat lebih dekat Tank Leopard . Sore ini, 4 Tank Leopard dan 2 unit Marder dan 5 unit M113 berikut 11 unit transporter (kendaraan berat pengangkut tank) dijadwalkan akan memasuki Yogyakarta  sekitar pukul 15.00 WIB. Prajurit dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/2 akan melakukan pengawalan mulai dari Klaten menuju Alun-alun Yogyakarta.

tank_leopard_jogja

Konvoi tank leopard di surabaya photo : detik.com

Konvoi ini merupakan iring-iring pasukan yang akan kembali ke home base masing-masing, ada yang ke Bandung serta ke Jakarta. Beberapa kota yang disinggahi diantaranya Solo, Yogyakarta dan Cirebon. Singgahnya kendaraan tempur militer ini di Yogyakarta merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-69 TNI. Tujuannya agar masyarakat kota ini dapat merasakan kemeriahan serta melihat secara langsung alat utama sistem senjata (alutsista) yang selama ini dimiliki TNI.

tankleopard_jogja

Konvoi Tank Leopard di Surabaya : photo detik.com

Rencananya, setelah memasuki Alun-alun Yogyakarta, kendaraan tempur tersebut akan didisplay selama semalam di Alun-alun Utara. Esok harinya, Sabtu (11/10/2014), belasan tank ini akan melakukan parade di jalanan Kota Yogyakarta sekitar pukul 09.00 WIB. Rute yang akan dilalui yakni dari Alun-alun Utara – Jalan Trikora – Jalan Panembahan Senopati – Jalan Suryotomo – Jalan Mataram – kawasan taman parkir Abu Bakar Ali – Jalan Malioboro – Jalan Trikora – kembali ke Alun-alun Utara.

Setelah melakukan defile selanjutnya kendaraan lapis baja ini akan melanjutkan perjalanan melalui jalur selatan menuju Cirebon untuk selanjutnya kembali ke Bandung dan Jakarta. Saat konvoi di Yogyakarta, setidaknya Korem 072 Pamungkas akan menerjunkan sekitar 3 SSK prajurit atau sekitar 300 personil untuk melakukan pengamanan.

Defile kendaraan lapis baja tersebut merupakan iring-iringan pasukan yang tengah melakukan perjalanan pulang usai mengikuti upacara HUT ke-69 TNI di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, Jawa Timur, Selasa (07/10/2014) lalu.

disadur dari krjogja.com